Friday, November 16, 2012

Revolusi kebudayaan 文化大革命 wen hua da ge ming

Tujuan gerakan ini : Menghancurkan dunia lama 
Membangun dunia baru 
打碎旧世界, 创立新世界
( da sui jiu si jie , chang li xin si jie )

Para pegawal merah 紅衛兵 hong wei bing ingin menghancurkan dan mengeyahkan segala peninggalan pendahulunya termasuk peninggalan kebudayaan feudal.
Gerakan ini dilancarkan oleh anak-anak muda esktrem kiri yang menamakan diri pengawal merah dipimpin oleh “Geng 4 “ 四人幫 si ren bang esktrem kiri. Mereka menentang dan berusaha ingin menghabiskan pengaruh pikiran Kong Zi- Meng Zi
(孔孟思想kong meng si xiang ) yang dianggap berbau feudalisme. Pikiran Kong Zi Meng Zi dan Lao Zi memiliki banyak sisi positif untuk dipelajari dan didalami oleh anak anak muda zaman modern yang konsumtif ini.

Dalam gerakan revolusi kebudayaan yang kontraproduktif ini Deng xiao ping鄧小平 dan salah satu anaknnya menjadi korban. Pada akhirnya Deng Xiao Ping bersama kawan2nya berhasil meredam gerakan yang berupa demo setiap hari tanpa berhenti selama 10 tahun lamanya itu. Demo itu sungguh amat merugikan Negara dan rakyat tiongkok sendiri

Deng xiao ping mengatakan :
“ Tak peduli kucing itu berwarna putih atau hitam, yang penting bisa menangkap tikus ( 不管白貓黑貓, 能捉老鼠就是好貓 bu guan bai mao he mao neng zhuo lao shu jiu shi hao mao )!!! Jika ingin maju Negara tiongkok harus membuka pintu keluar. ( 放開政策)

Negara Tiongkok dibawah arahan Doktrin Deng Xiao Ping (鄧小平思想理論Deng Xiao Ping Si Xiang Li Lun ) kini mampu menjadi Negara terkuat setelah USA tapi jurang antara si kaya dan miskin makin lebar.






1 comment:

  1. Saya ingin berbagi wawancara dengan Deng Xiao Ping (imajiner) dikenal sebagai “Bapak Reformasi” Tiongkok, Bapak Deng di tahun 1978 mengumumkan kebijaksanaan baru, “Kebijaksanaan Pintu Terbuka”
    Kalau anda suka silahkan tinggalkan komentar dan Follow the blog di https://stenote-berkata.blogspot.com/2021/06/wawancara-dengan-bapak-deng.html

    ReplyDelete