Friday, November 16, 2012

Raja Besar pertama Tiongkok yang mendirikan dinasti ( 中國大開國皇帝 Zhong Guo Da Kai Guo Huang Di )

1. Dinasti Qin ( 221 – 206 SM,秦朝 Qin Chao )


Kaisar Qin Si Huang ( 秦始皇) adalah raja pertama dalam sejarah Tiongkok kuno yang menyatukan 6 negara ( 戰國時期 Zhan Guo shi Qi = Warlord Period ) menjadi Negara kesatuan Zhong Yuan ( 中原 ) mendirikan dinasti Qin ( 秦朝 ).
Maka dia menyebut dirnya adalah raja pertama ( Si 始 artinya permulaan, Huang 皇 artinya raja ). Kaisar Qin Si Huang wafat pada usia 49 tahun.

Kaisar Qin Si Huang mengerahkan lebih dari 300.000 buruh untuk melakukan kerja rodi merenovasi dan membangun tembok besar ( The Great Wall ) . Tujuan membangun Tembok besar adalah untuk mencegah invasi dari utara oleh tentara Mongolia.

Kaisar Qin Si Huang  秦始皇

Ketika membongkar kuburan kuno Kaisar Qin Si Huang秦始皇 di kabupaten Lin Tong臨潼 , Provinsi San Xi陵西省 , arkeolog Tiongkok , menemukan ratusan pasukan infantri dan pasukan kuda yang di buat dari tanah liat. Setiap individu pasukan memiliki ekspresi berbeda, tidak ada yang sama . Penemuan ini mencerminkan kaisar Qin Si Huang sangat perkasa dan berwibawa.


2. Dinasti Han Barat ( 205 SM – 25 西漢 )

Raja Han Wu Di yang berhasil merobohkan dinasti Qin mendirikan dinasti Han ( 漢朝 Han Chao ) . Raja Han Wu Di 漢武帝 wafat pada usia 63 tahun.

Raja Han Wu Di 漢武帝


3. Raja Han Timur Guang Wu , Liu Xiu ( 東漢光武帝劉秀 Dong Han Guang Wu Di Liu Xiu )

Raja Guang Wu , Liu Xiu 光武帝-劉秀( 6 SM – 57 ) wafat pada usia 63 tahun.
Raja Guang Wu , Liu Xiu 光武帝-劉秀

4. Raja Jin Barat Si Ma Yan (司馬炎 ) 

Raja Si Ma Yan Mencaplok Tiga kerajaan ( 三國San Guo = Sam kok ) dan mendirikan dinasti Jin 晉朝
 Raja Si Ma Yan 司馬炎
5. Raja Sui wen Di Yang Jian 隨文帝-楊建
Raja Sui wen Di Yang Jian 隨文帝-楊建

6. Dinasti Tang ( 618 - 907 唐朝 Tang Chao )

Dinasti Tang mampu bertahan jampir 300 tahun. Dinasti ini meninggalkan tinta emas dalam lembaran sejarah Tiongkok kuno. Tang Gao Zhu 唐高祖 wafat pada usia 69 tahun.

Tang Gao Zhu 唐高祖

7. Raja wanita pertama Wu Zhe Tian 武則天 ( 624 - 705 )

Ini adalah raja wanita pertama didalam sejarah kerajaaan Tiongkok. Dia adalah permaisuri Raja Tang Gao Zhong ( 唐高宗- 李治 Li Zi ) . Setelah suaminya meninggal dunia dia menggangkat dirinya sendiri menjadi raja . Nama dinastinya diganti menjadi Zhou 周. Raja Wu Zhe Tian wafat pada usia 81 tahun

Raja Tang Gao Zhong Li Zi  唐高宗- 李治

8. Dinasti Song ( 960 - 1279 宋朝)

Song Tai Zhu 宋太祖 bisa bertahan sebagai raja selama 16 tahun. Dia memakai jubah kerajaan berwarna kuning. Dalam 13 tahun dia mengadakan peperangan mempersatukan negara menjadi kesatuan. Raja Zhao Kuang Yin 趙匡胤 wafat pada usia 50 Tahun

 Raja Zhao Kuang Yin 趙匡胤
9. Raja Dinasti Yuan ( 1271 - 1368 元朝 Yuan chao )

Raja Yuan si Zhu 元世租 Hu Bi lie 忽必烈 berasal dari ras mongolia yang menjadi raja pada tahun 1260 di daratan Tiongkok. Dia mendirikan dinasti Yuan pada tahun 1271 beliau cucu dari GengisKhan 成
吉恩汗Cheng Ji En Han 1162 - 1227.

Pada tahun 1279 dia menumpas dinasti song selatan 南宋 dan menyatukan seluruh negara di daratan Tingkok dan mendirikan dinasti YUan 元朝.

Dinasti Yuan mampu bertahan sampai 59 tahun. Raja yuan si zhu wafat pada usia 79 tahun.

Raja Yuan si Zhu Hu Bi lie 元世租 忽必烈

10. Dinasti Ming 1368 - 1644 明朝 ming chao 

Dinasti ming mampu bertahan sampai 276 tahun. Raja Ming Tai Zhu 明太祖 adalah raja yang mencanangkan penghematan, menekankan disiplin tentara dan anti korupsi didalam tubuh kerajaan. Dia sangat memperhatikan nasib petani miskin. Dia meninggal dunia pada usia 70 tahun. POrselen Tingkok sangat terkenal pada periode dinasti ming.
Raja Ming Tai Zhu 明太祖
11. Dinasti Qing 1644 - 1911 清朝 qing chao

Raja Qian long juga diberi nama Qing Tai Zhu 清太祖 nama sesungguhnya adalah Ai xin jiu luo - Fu lin 愛新覚羅 - 福臨 adalah seorang keturunan MOngolia ( ibunya dari ras mongolia ). Dia meninggal dunia pada usia 59 tahun .

Raja Qing Tai Zhu 清太祖

Permaisuri Ci Xi 慈禧太后 1835 - 1908 

Permaisuri Ci Xi adalah selir raja xian fung咸丰帝妃 . Setelah raja xian fung wafat, dia memegang kekuasaan penuh di istana pada periode raja guang xu 光緒皇帝. Dia pernah meumpas gerakan revolusi tai ping tian G
uo 太平天國革命 dan membuat perjanjian berturut turut dengan imperialis dengan menjual kedaulatan negaranya.

Dia orang konservatif yang amat kejam dan otoriter . Untuk istirahat pribadi pada musim panas dia membangun summer palace 臨和園.

Dia menentang aliran mordenisasi dan reformasi yang dicetuskan oleh raja guang xu. Akhirnya raja guang xu dipenjara oleh permaisuri Ci Xi sampai meninggal dipenjara dalam usia 33 tahun.

Hongkong telah digadaikan selama 99 tahun kepada imperialis Inggris karena kalah dalam perang Candu / Opium 鴉片戰爭pada tahun 1841.

 selir raja xian fung 咸丰帝妃
The Last Emperor - Fu Yi 傅依

Dinasti Qing mampu bertahan selama 267 tahun.
Raja Fu Yi adalah raja yang terakhir didalam sejarah feodalisme tiongkok setelah itu negara tiongkok bukan menjadi negara republik bukan kerajaan lagi.

The Last Emperor - Fu Yi 傅依
Republik Tiongkok 

Dr. Sun Yat Sen 孫中山adalah bapak negara tiongkok 國父 guo fu yang memimpin revolusi xin hai 1911 新海革命 pada akhir masa dinasti qing , menjatuhkan kekuasaan feodalisme kerajaan qing dan mendirikan republik tiongkok 中華民國 zh
ong hua min guo dan partai guo min dang 國民黨 . Dia mencetuskan ideologi THree Principles atau Trisila 三民主義 san min zhu yi yaitu : 1. Nationalism 民族主義 min zhu zu yi 2. Democracy 民權主義 min quan zu yi 3. People's Livehood 民生主義 Min sheng zu yi.

Dr. Sun Yat Sen 孫中山

Chiang Kai Sek 蔣介石 1887 - 1975

Setelah Dr. Sun Yat Sen meninggal dunia, pada tahun 1948 Chiang Kai Sek menjadi presiden Republik Tiongkok. Pada bulan oktober 1949, rezim Chiang Kai Sek ditumbangkan oleh Mao Ze Dong maka dia mengungsi di pulau Taiwan 台灣 dan meninggal dunia di Tai Bei 台北 pada tahun 1975.
Chiang Kai Sek 蔣介石 

Mao Zhe Dong 毛澤東 1893 - 1976

Ketua Mao Zhe Dong yang mendirikan tentara merah 紅兵 melakukan long march 長征chang zheng bersama kawan seperjuangannya , jalan kaki dari tiongkok selatan ke tiongkok utara, dikejar oleh tentara guo min dang . Ketua Mao menang perang dan memproklamirkan republik rakyat tiongkok diatas panggung Tian an men 天安門 pada 1 oktober 1949.

Mao Zhe Dong 毛澤東




















No comments:

Post a Comment